Selasa, 31 Mei 2016

Dampak Parfum terhadap Lingkungan

Posted By: Desi Wangi - 03.36


Makalah
Dampak Parfum terhadap Lingkungan

Disusun oleh :
Hana Fauziah
Desi Sekar Wangi
Lailatul Rahmi
Melita Emas Lumban Raja
Rahik Ramzi Abdat
 
 

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Bau tak sedap merupakan hal yang sering dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Bau tak sedap sering ditemukan di tempat-tempat seperti toilet, tempat pembuangan sampah, bahkan pada bagian tubuh kita masing-masing. Bau tersebut tentunya mengganggu aktivitas kita. Banyak cara dilakukan untuk menutupi bau tak sedap tersebut. Hal yang paling lumrah dilakukan adalah dengan menggunakan parfum sebagai wewangian yang dapat menutupi bau tak sedap tersebut. 
Parfum atau minyak wangi adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma, fiksatif, dan pelarutyang digunakan untuk memberikan bau wangi untuk tubuh manusia, objek, atau ruangan. Parfum berasal dari bahasa Latin,  per fumus yang berarti melalui asap (through smoke). Parfum biasanya berasal dari bagian tumbuhan seperti bunga, daun, kayu bahkan ada pula yang dari sekresi hewan. Salah satu kegunaan parfum tertua berupa bentuk pembakaran dupa dan herbal aromatik yang digunakan dalam pelayanan keagamaan, seringkali untuk aromatic gums, kemenyan dan mur, dikumpulkan dari pohon. Selain untuk melindungi kita dari bau tak sedap, parfum dapat menimbulkan efek relaks dan juga meningkatkan kesenangan hidup. 
Selain manfaatnya yang bermacam-macam, parfum dapat menimbulkan dampak negatif. Bagi orang-orang yang menghirup aroma parfum yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit asma. Parfum dapat juga menimbulkan efek sakit kepala apabila parfum yang terhirup terlalu menyengat. Selain itu, bahan kimia pada parfum dapat menimbulkan dampak negatif pada lingkungan. Oleh sebab itu, makalah ini akan mengkaji lebih jauh tentang bahaya parfum pada lingkungan.




1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana sejarah dan pengertian parfum?
2. Mengapa parfum dapat menyebabkan pencemaran pada lingkungan?
3. Bagaimana langkah untuk meminimalisir pencemaran lingkungan yang
   ditimbulkan oleh parfum?
1.3 Tujuan
1.   Mengetahui sejarah dan pengertian parfum
2.   Mengetahui penyebab pencemaran lingkungan akibat parfum.
3.   Mengerahui cara meminimalisir pencemaran lingkungan oleh parfum

















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian dan Sejarah Parfum
Per fumus atau parfum atau minyak wangi  adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma (aroma compound), fiksatif, dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi untuk tubuh manusia, obyek, atau ruangan. Parfum adalah campuran dari zat pewangi yang dilarutkan dalam pelarut yang sesuai. Jumlah dan tipe pelarut yang bercampur dengan minyak wangi menentukan apakah suatu parfum dianggap sebagai ekstrak parfum, Eau de parfumEau de toilette, atau Eau de Cologne. Parfum sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu - kata "parfum" berasal dari bahasa Latin per fume "melalui asap". Salah satu kegunaan parfum tertua berupa bentuk pembakaran dupa dan herbal aromatik yang digunakan dalam pelayanan keagamaan, seringkali untuk aromatic gums, kemenyan dan mur, dikumpulkan dari pohon. Mesir adalah yang pertama memasukkan parfum ke budaya mereka diikuti oleh Cina kuno, Hindu, Israel, Carthaginians, Arab, Yunani, dan Romawi. Penggunaan awal dari botol parfum adalah di Mesir sekitar 1000 SM. Mesir menemukan gelas dan botol parfum adalah salah satu penggunaan umum pertama untuk kaca.
Parfum merupakan preparat/persediaan cair yang digunakan sebagai pewangi yang terdiri dari bahan alami atau sintetik dan fiksatif. Parfum dibuat dengan cara mencampurkan berbagai macam zat atau bahan kimia, baik yang alami maupun buatan (sintetik) dengan formula tertentu. Bahan yang digunakan parfum tidak sedikit dan banyak zat yang telah dibuktikan dapat berdampak bagi lingkungan dan kesehatan pengguna baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Benzaldehid merupakan salah satu bahan kimia yang ditambahkan ke dalam parfum dengan aroma almond tetapi dapat menimbulkan iritasi pada mata,kulit,saluran pernafasan, kerusakan sistemsaraf pusat dan reaksi alergi. Selain benzaldehid parfum juga mengandung etil alcohol,akuades/air suling,fragrance, benzil asetat, dan etil asetat.


Kegunaan dari bahan-bahan pembuat parfum :
1.      Benzil  asetat digunakan karena bersifat aromatic.
2.      Benzil alcohol digunakan karena cairannya tidak berwarna dengan bau aromatic ringan yang menyenangkan. Senyawa ini digunakan sebagai pelarut karena memiliki polaritas, toksinitas rendah, dan tekanan uap rendah.
3.      Asam asetat digunakan sebagai pengatur keasaman.
4.      Benzaldehid digunakan karena  menyerupai minyak, tidak berwarna dan berbau istimewa.

Zat-zat ini memiliki efek negatif bagi kesehatan.
1.      Aseton dapat menyebabkan kekeringan mulut dan tenggorokan, kerusakan pita suara, mengantuk, dan depresi.
2.      Benzil asetat bersifat karsinogenik, cairannya dapat meresap ke dalam system tubuh melalui kulit, dan uapnya dapat mengiritasi mata.
3.      Benzil alcohol menyebabkan iritasi saluran pernafasan bagian atas dan penurunan tekanan darah.
4.      Etil asetat bersifat seperti narkotik, merusak hati, dan menyebabkan anemia.

  2.2 Dampak Parfum bagi Lingkungan.
Pencemaran lingkungan merupakan satu dari beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas lingkungan. Pencemaran lingkungan (environmental pollution) adalah masuknya bahan-bahan ke dalam lingkungan yang dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Zat yang dapat mencemari lingkungan dan dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk hidup disebut dengan polutan. Polutan ini dapat berupa zat kimia, debu, suara, radiasi, atau panas yang masuk ke dalam lingkungan. Di bumi yang kita huni ini terdapat wilayah daratan, perairan, dan udara. Pencemaran lingkungan bisa terjadi pada ketiga wilayah tersebut, sehingga dapat terjadi pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran suara.
Pencemaran udara terjadi karena masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke udara oleh kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitas udara turun sampai sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Adapun sumber pencemaran udara berasal dari kebakaran hutan, debu, industri dan transportasi seperti kendaraan bermotor. Bahan pencemaran udara secara umum dapat digolongkan menjadi dua golongan dasar, yaitu partikel dan gas. Bahan-bahan pencemaran udara antara lain Gas Karbon Monoksida (CO) dan Karbon Dioksida (CO2), Gas SO dan SO2, Gas Kloro Fluoro Karbon (CFC).
Parfum merupakan salah satu penyumbang besar CFC yang berarti parfum juga memiliki kontribusi besar dalam pemanasan global dan penipisan lapisan ozon.
Ozon mengabsorpsi radiasi ultraviolet yang dipancarkan matahari. Radiasi ini mempunyai panjang gelombang di bawah 400 nm. Spektrum dari radiasi ini, yang terletak pada panjang gelombang di antara 290 nm – 320 nm, lebih dikenal dengan istilah radiasi UV-B. Telah terbukti bahwa peningkatan dosis radiasi UV-B yang mencapai bumi mengakibatkan meningkatnya kasus penyakit kanker kulit, menurunkan hasil panen, dan sangat mempengaruhi kehidupan plankton dan larva ikan laut.
Pada lapisan Stratosfer radiasi matahari memecah molekul gas yang mengandung khlorin atau bromin yang dihasilkan oleh zat/bahan perusak ozon seperti CFC dan Haloncarbon yang akan menghasilkan radikal khlor dan brom. Radikal-radikal khlorin dan bromin kemudian melalui reaksi berantai memecahkan ikatan gasgas lain di atmosfer, termasuk ozon. Molekul-molekul ozon terpecah menjadi oksigen dan radikal oksigen. Dengan terjadinya reaksi ini akan mengurangi konsentrasi ozon di stratosfer. Semakin banyak senyawa yang mengandung khlor dan brom perusakan lapisan ozon semakin parah. Dalam waktu kira-kira 5 tahun, CFC bergerak naik dengan perlahan ke dalam stratosfer (10 – 50 km). Molekul CFC terurai setelah bercampur dengan sinar UV dan membebaskan atom Chlorine. Bahan kimia ini menipiskan lapisan ozon dengan bertindak sebagai katalis dalam suatu reaksi kimia yang merubah ozon (O3) menjadi oksigen (O2).
Reaksi ini dipercepat dengan adanya kristal-kristal es di stratosfer yang merupakan salah satu dari sumber bagi kerugian besar ozon di Antartika. Karena CFC bertindak sebagai katalis, maka mereka tidak dikonsumsi dalam reaksi yang merubah ozon menjadi oksigen, tetapi tetap ada di stratosfer dan terus menerus merusak ozon selama bertahun-tahun. Menurut hasil penelitian, satu atom Cl dapat menguraikan sampai 100.000 senyawa ozon dan bertahan sampai 40-150 tahun di atmosfer. Padahal stratosfer hanya bisa menyerap sejumlah atom klorin, sehingga pada akhirnya meskipun penggunaan CFC ditekan, jumlah yang ada dalam atmosfer masih cukup besar dan perlu waktu yang sangat lama untuk diserap. Reaksi Penipisan Ozon Stratosfer karena CFC Fotodisosiasi CFC : CFCl3 + UV ==> CFCl2 + Cl Reaksi dengan O3 : O3 + Cl ==> ClO + O2 ClO + O ==> Cl + O2 Hasil : O3 + O ==> 2O2

2.3   Cara Meminimalisir Pencemaran Lingkungan oleh Parfum.
Meminimilasir dampak buruk parfum dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya adalah sebagai berikut :
1.      Pemakaian parfum yang benar.
Berikut adalah cara pemakaian parfum yang benar. Dengan menggunakan parfum secara tepat juga menyimpannya secara benar, kita dapat menghemat penggunaan parfum sehingga parfum tidak tersebar di bumi dalam jumlah banyak. Ketika akan menggunakan parfum, kita dapat memperhatikan hal-hal berikut:



a.       Semprotkan parfum pada kulit
Sebaiknya, parfum tidak disemprotkan pada pakaian. Pada jenis parfum tertentu, bila menyemprotkan pada pakaian dapat menimbulkan noda, meninggalkan tanda seperti terkena tetesan air dalam waktu yang lama.

b.      Semprotkan parfum pada bagian tubuh yang tepat
Bagian tubuh yang sebaiknya disemprotkan parfum adalah pergelangan tangan bagian dalam, siku lengan bagian dalam, belakang telinga, dada dan leher. Menggunakan parfum di tempat-tempat tersebut membuat harum dari parfum tahan lebih lama.

c.       Jangan menggosokkan kulit selesai menyemprot parfum
Kebiasaaan sebagian orang adalah menggunakan parfum pada pergelangan tangan bagian dalam lalu menggosok-gosokkan kedua pergelangan tangan. Cara ini sebenarnya akan menghilangkan aroma dari parfum. Jadi, biarkan parfum mengering dengan sendirinya.

d.      Gunakan parfum sewajarnya
Menggunakan parfum secara berlebihan dapat membuat orang yang tidak suka menjadi pusing. Penggunaan parfum dapat disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk yang berkulit kering membutuhkan semprotan parfum lebih banyak. Sedangkan bila kulit berminyak, cukup semprotkan parfum sedikit saja

e.       Simpan parfum di tempat yang tepat
Harga parfum tidaklah murah sehingga tentu akan disayangkan bila parfum menguap karena tidak ditutup dengan benar. Jadi, pastikan parfum tertutup dengan rapat. Simpan parfum di tempat yang kering dan sejuk serta terhindar dari sinar matahari. Perlu diketahui bahwa dalam jangka waktu lama aroma parfum dapat berubah. Maka sesuaikan ukuran isi parfum dengan kebutuhan.

2.      Membuat tubuh kita wangi tanpa parfum
Mungkin selama ini banyak orang menghilangkan bau badan dengan menggunakan parfum. Meskipun cukup ampuh namun tentunya cara tersebut bukan merupakan cara permanen. Beberapa cara yang mungkin banyak dilakukan orang yakni dengan memakai deodorant, parfum, dan juga mandi menggunakan sabun. Tetapi jika menggunakan deodorant untuk menghilangkan bau ketiak sebaiknya perhatikan deodorant tersebut meninggalkan bekas noda pada pakaian atau tidak, karena tidak sedikit orang meninggalkan deodorant karena hal tersebut. Bahan alami tersebut dapat mengatasi bau badan langsung dari dalam tubuh kita, berbeda dengan menggunakan parfum maupun deodorant yang hanya dapat mengatasi bau badan dari luar saja. Namun untuk hasil yang memuaskan sebaiknya kalian menerapkan beberapa cara yang dapat mengatasi dari internal dan external. Baiklah langsung saja berikut ini kami berikan beberapa cara menghilangkan bau badan parmanen yang patut kalian coba.

a.       Mengunakan daun sirih
Daun sirih sudah dikenal sejak jaman nenek moyang akan kegunaannya sebagai penghilang bau, baik untuk bagian intim wanita maupun untuk mengatasi bau badan seseorang. Cara menggunakan daun sirih tentu saja sangat mudah, yaitu dengan cara merebusnya. Pilih 3 hingga 5 lembar daun sirih segar, lalu rebus menggunakan 2 gelas air. Rebus hingga mendidih dan biarkan air menguap hingga air tersisah kuran lebih 1 gelas saja. Selanjutnya, anda dapat mengkonsumsi air rebusan tersebut secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Selain dengan mengkonsumsinya, anda juga dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk mandi. Caranya cukup dengan merebus 30 lembar daun sirih kedalam air secukupnya sampai mendidih. Setelah itu campurkan air rebusan tersebut dengan air dingin biasa dan gunakan untuk mandi. Cara ini dapat mengatasi bau badan dari luar.
b.      Jahe
Jahe merupakan salah satu jenis rempah rempah yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya menggunakan jahe ini juga sangat mudah. Anda dapat mengkonsumsi wedang jahe setiap harinya, atau anda juga dapat mengatasi masalah bau badan anda dengan cara menggosok-gosokkan ketiak anda dengan jahe yang sudah dipotong atau dibelah terlebih dahulu.
c.       Mengkonsumsi daun kemangi
Seanjutnya, anda dapat memanfaatkan daun kemangi untuk mengatasi masalah bau badan dari dalam. Caranya, anda dapat sesering mungkin mengkonsumsi daun kemangi sehingga hal tersebut dapat mmengatasi masalah bau badan anda.

d.      Memanfaatkan cengkih
Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan cengkih. Caranya mudah, anda dapat merendam cengkih dengan air dan tunggu sampai mengembang, lalu tambahkan gula dan beberapa jam kemudian anda dapat mengkonsumsinya.

e.       Menggunakan jeruk nipis dan kapur sirih.
Kedua campuran tersebut ternyata cukup ampuh untuk mengatasi bau badan anda. Untuk caranya, anda dapat mengambil perasan jeruk nipis, selanjutnya tambahkan kapur sirih dan gosokkan campuran tersebut pada bagian ketiak.



f.       Selalu menjaga kebersihan badan
Menjaga kebersihan badan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yakni dengan mandi 2 hingga 3 kali dalam sehari. Gunakan sabun atau jenis pembersih tubuh lainnya agar bakteri dalam tubuh hilang dan tidak menyebabkan bau badan.

3.      Menggunakan parfum alami
Berikut ini adalah cara membuat parfum alami yang sangat mudah dibuat di rumah. Dengan pemakaian parfum alami, kita bisa mengurangi polusi parfum di bumi.
a.       Parfum Bunga
Bahan:
2 cangkir air
2 cangkir bunga bunga segar cincang (Anda mungkin ingin menggunakan
bunga seperti lavender, mawar, melati dll.)
Cara :
Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
Ambil mangkok (atau tempat apa saja), tempatkan kain tipis di atas mangkok sedemikian rupa sehingga tepi kain menggantung di luar tepi mangkok. Taruh bunga yang sudah dicincang halus tersebut di atas kain. Siram atau tambahkan dengan 2 gelas air putih, sehingga bunga tersebut diatas kain dan terendam air. Tutup mangkok dan simpan atau diamkan selama semalam (1 hari).

Keesokan paginya, angkat kain sedemikian rupa sehingga berbentuk kantong dan peras kain dengan bunga yang ada di dalamnya. Ambil panci dan rebus atau panaskan di atas kompor dengan api yang kecil, biarkan sampai mendidih dan tinggal 3 sendok makan, dinginkan dan masukkan ke dalam botol. Parfum (minyak wangi) telah siap untuk digunakan.
Parfum (minyak wangi) ini dapat anda simpan di botol selama 1 bulan.


















BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1  Kesimpulan
1.      Per fumus atau parfum atau minyak wangi  adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma (aroma compound), fiksatif, dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi untuk tubuh manusia, obyek, atau ruangan.
2.      kata "parfum" berasal dari bahasa Latin per fume "melalui asap". Mesir adalah yang pertama memasukkan parfum ke budaya mereka diikuti oleh Cina kuno, Hindu, Israel, Carthaginians, Arab, Yunani, dan Romawi. Penggunaan awal dari botol parfum adalah di Mesir sekitar 1000 SM.
3.      Parfum merupakan preparat/persediaan cair yang digunakan sebagai pewangi yang terdiri dari bahan alami atau sintetik dan fiksatif. Parfum dibuat dengan cara mencampurkan berbagai macam zat atau bahan kimia, baik yang alami maupun buatan (sintetik) dengan formula tertentu.
4.      Parfum merupakan salah satu penyumbang besar CFC yang berarti parfum juga memiliki kontribusi besar dalam pemanasan global dan penipisan lapisan ozon. Ozon mengabsorpsi radiasi ultraviolet yang dipancarkan matahari.
5.      Meminimalisir dampak buruk parfum dapat diatasi dengan cara pemakaian parfum yang benar,membuat tubuh kita wangi tanpa parfum,dan menggunakan parfum alami.
3.2  Saran
Selain memberikan efek wangi bagi tubuh atau suatu objek,parfum juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Maka dari itu, sudah sepantasnya kita meminimalisir pemakaian parfum dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, lingkungan kita akan lebih terselamkan dan dapat kita wariskan kepada generasi selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA

Misura MH. Makalah parfum. 2013. http://hanafimisura.blogspot.co.id/2013/01/makalah-parfum.html. [diunduh 2016 Mei 16]
Anonim. Bahaya menggunakan parfum. 2013. http://industri21soraya.blogspot.co.id/2013/03/bahaya -menggunakan-parfum.html?m=1. [diunduh 2016 Mei 16]
Anonim. Parfum tipiskan lapisan ozon. 2014. http://www.jurnalasia.com/2014/09/25/parfum-tipiskan-lapisan-ozon/. [diunduh 2016 Mei 16]



About Desi Wangi

We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright ©

Designed by Templatezy